suhud rois

Guru di SD Peradaban Insan Mulia. Penulis. Editor MediaGuru. Penggerak Komunitas Guru Belajar Nusantara. Pelatih Kampus Guru Cikal ...

Selengkapnya
Navigasi Web
4C? BUKAN, INI 6C

4C? BUKAN, INI 6C

Perubahan pasti terjadi. Bahkan, perubahan sudah dan sedang terjadi. Cuma kadang-kadang kita ini ndableg. Tidak mau berubah. Merasa sudah berada di zona nyaman. Mungkin juga merasa sudah (terbukti) berhasil. Untuk berubah pun harus dipaksa.

Ketika kemajuan teknologi mengalami percepatan, kita, para guru (yang ngakunya profesional), malah lari di tempat. Kalau berpindah tempat, cuma muter-muter saja di lingkaran sempit.

Kita harus dipaksa. Covid-19 memaksa kita mengubah gaya mengajar kita. Mau tidak mau, bisa tidak bisa, guru harus menggunakan kemajuan teknologi. Banyak yang gagap dan kelabakan. Namanya juga terpaksa.

Ini semestinya jadi bahan refleksi. Jangan terlena dalam zona nyaman. Dunia pendidikan jangan dibiarkan selalu tertinggal dan gagal mengeja kemajuan zaman. Pendidikan itu untuk mempersiap generasi masa depan hidup dan bertahan di zamannya. Bagaimana kalau pelaku pendidikan tidak memahami masa depan? Bagaimana kalau pelaku pendidikan selalu gagap dan gugup bersanding dengan kemajuan zaman?

Tinggalkan romantisme masa lalu. Kehidupan kita dan anak-anak kita adalah masa depan. Memang, semuanya tidak pasti. Justru itu yang harus kita siapkan: bagaimana anak-anak kita mampu hidup di zaman yang penuh ketidakpastian.

Apa yang perlu kita tumbuhkembangkan ke anak sebagai bekal mengarungi belantara masa depan?

1. Character education

Orang baik selalu dibutuhkan dan harus ada di setiap tempat dan masa. Bahkan, tujuan akhir pendidikan adalah terbentuknya manusia yang punyai moral baik. Kunci kesuksesan adalah sikap baik.

Dengan demikian, pendidikan karakter harus benar-benar dilaksanakan dan menjadi prioritas. Jangan hanya jadi jargon dan pemanis visi-misi sekolah.

2. Citizenship

Sangat penting membangun identitas kebangsaan. Interaksi dalam dunia global memang tak kenal batas wilayah. Kondisi ini bisa membuat seseorang kehilangan orientasi kebangsaan.

Di samping itu, perlu ditumbuhkan kesadaran menjadi warga negara yang baik, peduli terhadap masalah-masalah sosial, dan mempunyai empati yang tinggi.

3. Communication

Keterampilan komunikasi di masa depan akan semakin penting. Bukan hanya isi, kemasan komunikasi juga punya peran besar supaya pesan lebih menarik dan meyakinkan. Di samping itu, media komunikasi bisa menentukan pilihan yang efektif.

4. Critical thinking and problem solving

Berpikir kritis bukan hanya penting. Sangat penting. Dengan kemampuan ini, seseoarang mampu melihat fenomena secara lebih tajam dan mengambil tindakan dengan pertimbangan yang matang.

5. Collaboration

Semua orang saling tergantung. Tidak ada yang sukses sendirian. Kemampuan berkolaborasi membuat seseorang jadi bermakna bagi orang lain.

Keterampilan kolaborasi mesti dibangun sejak awal. Paradigma pendidikan yang penuh dengan kompetisi harus dibangun menjadi semangat berkolaborasi.

6. Creativity and imagination

Penemuan hal-hal baru dimulai dengan imajinasi dan kreativitas. Pembelajaran yang miskin dua hal ini hanya akan mencetak mesin-mesin yang dapat melakukan sesuatu, tetapi tidak punya kemampuan berkembang.

Tantangan di masa depan jawabannya adalah kreativitas dan imajinasi. Kreativitas mencakup kemampuan mencari solusi atas masalah.

Sebenarnya yang jauh lebih penting bukan berapa C-nya. Mindset yang harus terus di-upgrade jauh lebih penting. Kalau mindsetnya sudah ketinggalan zaman, 4C atau 6C tidak ada makna. Hanya di atas kertas, menjadi pemanis dokumen.

Wallahua’lam bishawab.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa, trims mas

04 Aug
Balas

Terima kasih juga

04 Aug

Penyemangat pagi yang super. Barakallah, Pa Suhud. Semangat belajar dan berubah lebih baik lagi. Siap!

04 Aug
Balas

Hatur nuhun

04 Aug

Setuju. Mantab Pak Suhud.

04 Aug
Balas

Terima kaaih, Pak.

04 Aug

Wow 6C yang super mantap jika bisa diaplikasikan. Keren Pak. Izin follow ya.

04 Aug
Balas

Hatur nuhun. Mangga.

04 Aug



search

New Post