suhud rois

Guru di SD Peradaban Insan Mulia. Penulis. Editor MediaGuru. Penggerak Komunitas Guru Belajar Nusantara. Pelatih Kampus Guru Cikal ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Maksimalkan Kekuatan

Maksimalkan Kekuatan

Anda kesulitan mendapatkan ide pengajaran. Anda menilai diri Anda tidak sebagus guru yang lain. Apaka Anda merasa banyak kekurangan? Sering menyesali kekurangan itu?

Ada seorang anak yang lengan kirinya buntung. Anak ini sangat menyukai judo, salah satu olahraga beladiri dari Jepang. O, ya. Anak itu tinggal di Jepang. Dia rajin latihan di sebuah dojo. Tidak seperti murid lainnya, anak itu hanya diajari satu jurus saja. Jurus yang susah dikuasai. Murid yang lain diajari banyak teknik. Tentu saja anak ini merasa tidak puas. Ia juga ingin belajar banyak teknik, seperti yang lain.

Akhirnya ia tak bisa menahan kesabarannya. Anak itu menemui gurunya.

"Sensei, mengapa aku hanya berlatih satu jurus saja? Kenapa yang lain belajar banyak teknik? Aku juga ingin seperti mereka. Aku suka judo."

"Kenapa? Karena engkau istimewa. Engkau hanya perlu jurus itu. Bukan yang lain," jawab Sensei. Anak itu memutuskan untuk tidak berani lagi bertanya. Ia memilih berlatih mempergunakan satu-satunya jurus yang dia kuasai dengan tekun.

Semakin lama ia semakin menguasainya. Jurus itu sudah menjadi bagian dirinya. Di dojo tersebut, dialah yang paling hebat menggunakan jurus itu. Beberapa waktu kemudian, anak tesebut dikirim ke sebuah kejuaraan. Tentu saja dia tidak percaya diri, sadar bahwa tangan kirinya tidak ada dan dia hanya bisa satu jurus. Saat bertanding, apa yang terjadi? Ia sungguh tidak percaya. dengan mudah ia bisa mengunci dan mengalahkan lawan-lawannya. Akhirnya ia berhasil masuk babak final, berhadapan dengan juara bertahan. Walau tidak mudah, ia berhasil memenangkan pertandingan final dan menjadi juara. Setelah kejuaraan, anak itu bertanya kepada gurunya.

"Sensei, kenapa aku bisa menang, padahal aku Cuma bisa satu jurus saja?”

"Ketahuilah, cara bertarung setiap orang itu unik, tidak sama. Gimana kekuatan dan kelemahannya. Kamu istimewa karena kekuranganmu sudah jelas. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu mempelajari banyak jurus dan teknik yang sudah pasti tidak kamu perlukan. Jurus yang kamu pelajari itu paling cocok buat kamu. Itu adalah salah satu jurus tersulit dalam judo. Satu-satunya cara untuk mengalahkannya adalah mengunci lengan kirimu," kata sensei sambil tersenyum.

Sama. Yang perlu Anda lakukan adalah fokus pada kekuatan yang Andamiliki. Orang punya cara yang berbeda-beda untuk sukses. Yang pasti, Allah tidak menciptakan kamu untuk sebuah kesia-siaan.

Anda punya kekuatan. Kalau belum tahu, Anda tinggal menemukannya. Caranya? Cobalah banyak hal. Jangan ragu melakukan hal baru dalam proses belajar mengajar.

Sekali merdeka, tetap merdeka belajar!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren...Pak

10 Aug
Balas

Terima kasih

11 Aug

Pencerahan yang super lagi. Hatur nuhun pisan Pa Suhud. Barakallah.

10 Aug
Balas

Sawangsulna

11 Aug

Oke... merdeka...

10 Aug
Balas

Meedeka!

11 Aug

Inspiratif sekali pak. Saya paling suka membaca yang ada unsur motivasi seperti ini. Semangat untuk belajar menulis saya semakin kuat. Saya yakin perlahan-lahan saya akan bisa menghadirkan tulisan yang bagus juga seperti yang lain. Bismillah

10 Aug
Balas

Semangat, Bu.

11 Aug

Semangat, Bu.

11 Aug



search

New Post