suhud rois

Guru di SD Peradaban Insan Mulia. Penulis. Editor MediaGuru. Penggerak Komunitas Guru Belajar Nusantara. Pelatih Kampus Guru Cikal ...

Selengkapnya
Navigasi Web
GURU YANG TIDAK DITOLAK MURID

GURU YANG TIDAK DITOLAK MURID

Mau diakui atau tidak, masih ada raja dan ratu kecil di kelas. Kehendaknya harus dituruti. Dia harus dilayani. Kata-katanya harus didengar dan disetujui, tak bisa dibantah. Merekalah guru-guru yang masih saja beku. Tak sadar bahwa sikapnya yang seperti itu hanya akan melahirkan ketaatan semu. Semua serba terpaksa.

Suasana demikian menjadikan belajar tidak bergairah. Belajar bersifat terpaksa, bukan berangkat dari kebutuhan dan kesadaran. Padahal belajar bukan hanya aktivitas fisik, juga aktivitas mental. Belajar adalah kegiatan full contact. Emosi dan perasaan tidak bisa dilepaskan dari proses belajar.

Pemahaman demikian akhirnya membawa kesadaran bahwa dengan berbekal surat tugas atau surat keputusan, seorang guru tidak serta merta mempunyai hak untuk mengajar. Surat tugas maupun surat keputusan merupakan wewenang, bukan hak untuk mengajar. Mengapa demikian?

Anaklah yang memberi hak untuk mengajar, sebab anak adalah subjek pembelajaran. Oleh karena itu, salah satu kunci sukses menjadi guru adalah ketika dia membangun hubungan yang memanusiakan. Relasi ini membuat dia tidak akan ditolak muridnya

Wallahu a'lam bishawab.

Suhud Rois.

Penulis buku "Bukan Guru yang Hebat di Atas kertas"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Harmonisasi karya dan rasa ... siiiip

14 Jul
Balas

Makasih

14 Jul

Salut Pak Guru hebat..karya yang jenius

14 Jul
Balas

Terima kasih

14 Jul

Keren banget pak. Sukses selalu

14 Jul
Balas

Terima kasih, Bu.

14 Jul

Mantap keren.mas suhud..

14 Jul
Balas

Terima kasih, Bu.

14 Jul

Kereen euy, semoga bisa mjd guru sep itu

14 Jul
Balas

Hatur nuhum. Aamiin

14 Jul

Mantul pak...mengingatkan..

14 Jul
Balas

Makasih, Bu

14 Jul

Keren pak, bermanfaat sekali.

14 Jul
Balas

Alhamdulillah

14 Jul

Salam literasi

14 Jul
Balas

Salam

14 Jul



search

New Post