suhud rois

Suhud Rois adalah seorang pendiri dan guru di SD Peradaban Insan Mulia, Cimahi. Sebelumnya ia mengajar di sebuah sekolah di Kabupaten Bandung Barat. &nbs...

Selengkapnya
Navigasi Web
GURU YANG TIDAK DITOLAK MURID

GURU YANG TIDAK DITOLAK MURID

Mau diakui atau tidak, masih ada raja dan ratu kecil di kelas. Kehendaknya harus dituruti. Dia harus dilayani. Kata-katanya harus didengar dan disetujui, tak bisa dibantah. Merekalah guru-guru yang masih saja beku. Tak sadar bahwa sikapnya yang seperti itu hanya akan melahirkan ketaatan semu. Semua serba terpaksa.

Suasana demikian menjadikan belajar tidak bergairah. Belajar bersifat terpaksa, bukan berangkat dari kebutuhan dan kesadaran. Padahal belajar bukan hanya aktivitas fisik, juga aktivitas mental. Belajar adalah kegiatan full contact. Emosi dan perasaan tidak bisa dilepaskan dari proses belajar.

Pemahaman demikian akhirnya membawa kesadaran bahwa dengan berbekal surat tugas atau surat keputusan, seorang guru tidak serta merta mempunyai hak untuk mengajar. Surat tugas maupun surat keputusan merupakan wewenang, bukan hak untuk mengajar. Mengapa demikian?

Anaklah yang memberi hak untuk mengajar, sebab anak adalah subjek pembelajaran. Oleh karena itu, salah satu kunci sukses menjadi guru adalah ketika dia membangun hubungan yang memanusiakan. Relasi ini membuat dia tidak akan ditolak muridnya

Wallahu a'lam bishawab.

Suhud Rois.

Penulis buku "Bukan Guru yang Hebat di Atas kertas"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search

New Post